Tips Mengurangi Rasa Bosan di Kantor


Di tengah hiruk pikuk dan kesibukan sehari hari, setiap orang tak jarang merasakan apa itu yang dinamakan rasa bosan/ jenuh. ‘Bosan merupakan hal wajar dalam hidup’. Apalagi jika sudah berhubungan dengan pola kerja yang menyita waktu, tenaga dan pikiran.

Seorang ‘karyawan’ yang di ibaratkan sebagai sebuah ‘sepeda motor’ yang terus menerus digunakan setiap hari untuk tansportasi luar kota cenderung akan mengalami penurunan fungsi kerja spare part dan lebih cepat mengalami kerusakan di beberapa onderdil sehingga membutuhkan perawatan dan service khusus. Bayangkan bila si pemilik sepeda motor ini jarang atau bahkan tidak sempat ke bengkel. Apa yang akan terjadi?  Kerusakan permanen pada sepeda motor anda, alhasil kita  perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mengatasi nya.

Dari dramatisasi di atas, terlihat bahwa seorang karyawan  tidak boleh membiarkan rasa bosan itu terus menghantui kehidupannya karena dampak negatif yg mungkin ditimbulkan. Menurunnya semangat dan produktifitas kerja yang secara tidak langsung merugikan perusahan atau instasi tempat bekerja mendorong kita untuk mencoba keluar dari rasa bosan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa bosan di kantor:

  1. TAKE a BREAK: Ambillah cuti dan manfaatkan waktu tersebut untuk sejenak melepaskan beban. Melakukan perjalanan wisata, berbelanja dan tak lupa memanjakan diri sangat disarankan.
  2. CREATE a NEW IDEA: Melakukan pekerjaan yang berulang ulang tentu saja membuat kita bosan. Coba kembangkan ide baru dalam pekerjaan. Sesuatu perubahan kecil akan membawa suasana baru dalam bekerja. Ini  memicu kembalinya semangat yang kendur karena rasa bosan yang berlarut- larut. Berfikir kreatif akan membuahkan hasil yang baik.
  3. POSITIVE THINKING: Mencoba berpikir positif dengan cara membuang segala hal yang menjadi beban pikiran selama bekerja. Tetap percaya bahwa akan ada hari esok yang lebih baik dari hari ini. Masalah hari ini hanya untuk hari ini saja. Dan ketika esok datang masalah lagi, kita sudah menjadi sekuat baja untuk menghadapinya.
  4. SHARING: Berbagi cerita, lelucon dan bahkan masalah terhadap teman adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa bosan. Di sela sela jam kantor, gunakan waktu untuk bersendau gurau dan menciptakan suasana yang menyenangkan di kator.
  5. IKLAS: Segala sesuatu jika dijalani dengan iklas dan senang hati pasti akan lebih mudah.

Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. God bless u all…..

Agnesnovita86@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: